Komposisi Pakan Kenari Kiloan

Ini adalah komposisi pakan Kenari kiloan lokal. Untuk komposisi ini diambil pada jumlah pakan sekitar 2,67 kilo. Nilai satuannya adalah gram dengan presentasenya terhadap jumlah pakan keseluruhan. Komposisinya adalah :
- Kenari sheet, 1000 gram (37.45%)
- Biji Sawi, 1000 gram (37.45%)
- Milet Putih, 100 gram (3.75%)
- Jewawut/Kunyit, 50 gram (1.87%)
- Ninger, 70 gram (2.62%)
- Biji Lobak, 100 gram (3.75%)
- Linseed, 100  gram (3.75%)
- Pakan Kemasan lokal, 250 gram (9.36%)

Komposisi Pakan Kenari Kiloan

Untuk memenuhi keseimbangan nutrisi kenari yang lengkap, dibutuhkan biji-bijian dan makanan tambahan.

Biji-bijian
Banyak mengandung karbohidrat dan lemak untuk energi. Semakin banyak variasi biji-bijian, semakin baik asalkan si kenari mau makan. Biasanya komposisi campuran pakan kenari adalah 40% biji kenari, 20% biji sesawi, 15% biji niger, 12,5% milet putih dan 12,5% milet merah.

Berdasarkan pengalaman, komposisi itu sudah cukup untuk kebutuhan harian campuran biji-bijian. Namun sebagai pedoman, campuran biji-bijian diberikan sekitar 50-60% dari total pakan kenari harian atau sekitar 1-2 sdt/hari. Untuk jenis kenari besar seperti Yorkshire diberikan 2 sdt/hari, sedangkan untuk kenari lokal dengan ukuran kecil hanya 1 sdt/hari.

Makanan ekstra
Makanan tambahan digunakan untuk menambah kekurangan nutrisi dari biji-bijian seperti protein, vitamin, mineral, serat, dll. Protein memasok otot dengan asam amino untuk membuatnya kuat dan sehat.

Ulat adalah makanan sebagai sumber protein utama. Alternatifnya adalah telur. Serat dan vitamin dapat diperoleh dari buah dan sayuran seperti apel, caisim, selada, sawi, dll. Porsi harian makanan tambahan untuk kacang kenari adalah 25% dari total pakan harian atau sekitar 0,5 sdt/hari

Air minum
Berikan air minum bersih dan segar. Tidak perlu menambahkan vitamin ke minuman karena akan membuat bau cepat dan berpotensi menjadi tempat berkembang biak bagi virus & bakteri (lebih berhati-hati tentang ini). Pemberian campuran premium & biji kenari cukup untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kenari.

Sotong
Merupakan sumber kalsium dan mineral untuk kenari. Selain baik untuk tulang, juga bagus untuk paruh. Berikan tulang sotong dengan menempelkannya ke kandang dan bisa bertahan selama satu tahun.

Adapun kerikil atau pasir, digunakan oleh kenari untuk membantu proses pencernaan makanan. Sesekali beri pasir kecil yang sudah dicuci dan dikeringkan.

Back To Top