Komposisi Sabun Mandi Cair

Kali ini Saya akan membahas komposisi sabun mandi cair secara umum saja bukan per merk. Jadi buat Anda yang akan belajar membuat sabun mandi cair, lebih baik siapkan bahan-bahan yang harus Anda punya untuk membuatnya.

Tentu saja Anda harus membuatnya dengan takaran yang ditentukan, tidak asal buat karena jika tidak sesuai aturan pembuatan, maka tentu akan vital akibatnya pada kulit kita.

Namun untuk artikel ini Saya bukan akan menjelaskan bagaimana cara membuat sabun mandi cair, hanya memberi informasi bahan apa saja yang menjadi komposisi dari sabun cair tersebut yang dipakai oleh sabun-sabun cair bermerk.


Komposisi Sabun Mandi Cair


Inilah kandungan atau bahan yang dipakai dalam membuat sabun mandi cair :
- Minyak kelapa 19,8 %
- Asam meristat
- Asam Laurat
- KOH (NaOH 20,1 %)
- Asam stearat 6.8 %
- Texapon
- Proppylen glikol
- Gliserin 9,8 %
- KCl (NaCl 0,2 %)
- EDTA
- Pewarna
- Parfum
- Air 6,5 %
- Minyak jarak
- Etanol
- Gula
- Dietanolamida (DEA)
- Ekstrak lengkuas
- dan bahan lainnya yang mungkin bisa berbeda tergantung kebutuhan.

Kalau Anda hobi bereksperimen, mungkin Anda bisa membuat sabun mandi cair di ruman dengan bahan-bahan di atas. Kalau Anda berhasil, ini bisa jadi peluang bisnis buat Anda walaupun sekarang banyak sabun mandi cair yang bermerk. Namun kita bisa memproduksi yang berbeda dengan mereka misalnya sabun cair herbal yang harganya lebih murah dengan yang ada di pasaran namun tetap dengan kemasan profesional.

Atau mungkin bisa juga buat sabun mandi sekali pakai seperti shampo sachet khusus travelling atau khusus hotel dan lain sebagainya. Penggunaan sabun mandi cair tentunya lebih steril, berbeda dengan sabun batangan yang bisa dipegang oleh beberapa tangan, dan tentunya ini lebih bagus menurut kesehatan.

Back To Top