Efek Samping Tolak Angin

Saya yakin orang yang suka perjalanan kendaraan jauh, pastilah mengenal salah satu merk obat anti masuk angin ini. Disamping bermanfaat untuk anti masuk angin, ternyata manfaat Tolak Angin ini juga berfungsi juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh, orang-orang yang suka merokok dan juga mereka yang sedang mengkonsumsi obat yang menyebabkan daya tahan tubuhnya melemah.

Pertanyaannya apakah ada efek samping Tolak Angin yang kita minum itu buat kesehatan kita secara umum ? Apakah aman minum Tolak Angin setiap hari ? Efek samping meminum tolak angin bisa timbul apabila Anda meminumanya tidak sesuai dengan aturan minum Tolak Angin yang ditetapkan.

Misalnya disuruhnya 3 kali sehari, eh malah minum 13 kali. Tentu saja ini over dosis Tolak Angin dan menimbulkan efek samping yang tidak baik buat kesetanan kesehatan. Kalau sudah seperti itu, maka mau tidak mau juga Anda harus mau pergi ke dokter untuk segera ditangani.

Selain itu, sebuah obat yang diminum secara bersamaan akan menimbulkan efek samping pada daya kerja obat tersebut. Oleh karena itu, ketika Anda meminum Tolak Angin, sebaiknya jangan berbarengan dengan meminum obat lain. Mengapa ? Karena mungkin saja daya manfaat dari Tolak Angin tersebut berkurang atau malah menghilang akibat obat lain yang Anda minum berbarengan. Kalau Anda tidak yakin, silahkan konsultasi dengan dokter.

Aturan minum Tolak Angin

Menurut website Mandjur, jika Anda mau minum Tolak Angin cair, maka ikuti dosis yang ditetapkan perusahaan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, minumlah 2 sachet setiap hari, selama 7 hari dan dapat diulang sesuai kebutuhan. Sementara bagi penderita masuk angin, sakit perut atau diare, sebaiknya minum 3 - 4 sachet per hari. Untuk mencegah mabuk perjalanan, minumlah 1 sachet sebelum melakukan perjalanan, atau 1 - 3 sachet pada waktu mabuk perjalanan. Sedangkan disaat Anda kecapaian dan kurang tidur, minumlah 1 sachet saja.

Yang sering dilupakan ketika Anda mau meminum Tolak Angin cair ini adalah, Anda langsung menyobeknya, kemudian tanpa merasa bersalah langsung diminum sampai habis, lalu dibuang sembarangan.

Padahal cara yang benar adalah :
- kocok dahulu sebelum disobek atau ditekan-tekan sehingga tercampur
- barulah disobek sekedar obatnya bisa keluar
- dekatkan ke mulut lalu baca Basmallah
- minumlah sampai habis
- ucapkan Hamdallah
- buang sachetannya ke tempat sampah

Bahaya Tolak Angin

Disamping dengan obat lain, Tolak Angin juga bisa punya efek samping jika diminum berbarengan atau dicampur dengan minuman tertentu sehingga daya kerja obat jadi hilang. Beberapa minuman yang tidak boleh dicampur dengan Tolak Angin adalah alkohol, minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Hindari juga mencampur Tolak Angin dengan bensin, pertamax, solar, pertalite karena mobil Anda nggak butuh Tolak Angin tapi justru harus nambah angin.

Hal yang harus diwaspadai juga adalah keadaan peminum. Apakah dia dalam kondisi sehat tidak berpenyakit atau sedang menderita penyakit tertentu. Mengapa ? Karena obat Tolak Angin bisa berefek samping pada orang yang punya gangguan penyakit tertentu.

Beberapa orang yang mempunyai gejala penyakit seperti gangguan ginjal, pasien penderita multiple sclerosis, penyakit leucosis, penyakit collagen, AIDS dan HIV, penderita infeksi dan TBC, sebaiknya jangan meminum Tolak Angin.

Nah, mudah-mudah dengan artikel ini Anda bisa terbuka wawasan Anda tentang efek samping Tolak Angin. Selama minumnya sesuai dengan aturan di kemasan dan menghindari beberapa tips di atas, maka insya Allah akan aman.

Info lain yang sering dicari lewat blog ni antara lain tentang :
komposisi antangin
harga tolak angin
tolak angin anak untuk balita
- manfaat tolak angin cair
- bahaya jamu tolak angin sido muncul
- minum tolak angin campur air panas
- efek samping antangin cair
- bolehkah minum tolak angin sebelum makan
Back To Top